webometric dan Parameternya

Webometrics adalah salah satu tools pemeringkatan Institusi Pendidikan TinggiCybermetrics Lab (Dewan Riset Nasional Spanyol, CSIC) melakukan pemeringkatan setiap 6 bulan sekali sejak tahun 2004. Mereka menyatakan bahwa penilaian bersifat independen, objektif, bebas, terbuka, terpercaya, informasi multidimensi, dan selalu diperbarui. Tujuannya memberikan informasi kinerja perguruan tinggi dari seluruh dunia berdasarkan keberadaan web mereka dan dampaknya.

 

Parameter yang digunakan ada 4, antara lain sebagai berikut:
VISIBILITY (50%)
1. Impact: jumlah alamat web/situs yang direfer oleh situs lain
Kualitas materi isi web yang didasarkan atas abcklink eksternal. Hal ini sebagai indikator bahwa materi web berkualitas dan diakui oleh domain di luar telkomuniversity.ac.id. Indikator parameternya adalah jumlah backlink yang diperoleh oleh Web Tel-U.

ACTIVITY (50%)
2. Presence(1/3): jumlah halaman dari web domain dan sub domain yang dikenali/terindeks oleh mesin pencari google
Jumlah halaman web (termasuk semua subdomain dan direktori lainnya) dari universitas yang terindeks oleh mesin pencari (Google).
3. Openness (1/3): keterbukaan materi
Repositori penelitian institusional yang memperhitungkan indikator jumlah rich files (pdf, doc, docx, ppt) diterbitkan dan terindeks pencari Google Scholar akademik. Materi file yang terindeks adalah memiliki format paper judul, penulis, abstrak, isi, dan daftar pustaka.
4. Excellence (1/3): penilaian kualitas penelitian institusi (citasi) yang terindeks di scimago.
jumlah penelitian dan citasi yang dihasilkan dari publikasi penelitian yang terindeks di penelitian atas nama Telkom University.

Pada saat ini, Sisfo membuat suatu layanan untuk mendukung kegiatan aktualisasi seluruh sivitas akademika di internet. Layanan tersebut berupa layanan Web Tel-U, Sub Domain Tel-U (unit, fakultas, prodi, lab, kk, keprofesian/pusat kajian, ormawa), Blog Staff, dan Blog Mahasiswa serta Repository dan eLearning. Layanan tersebut akan menjadi media publikasi sivitas akademika Tel-U di internet. Oleh karena itu, hasil dari layanan tersebut tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh seluruh sivitas akademika dengan aktif dan konsisten dalam publikasi media tersebut.

Layanan tersebut sebenarnya adalah suatu sistem pendukung untuk produktivitas seluruh sivitas akademika baik individu ataupun lembaga di bawah Tel-U. Berdasarkan parameter di atas, ada beberapa hal yang lebih penting lagi adalah kualitas dari materi web yang dihasilkan. jika kualitas materi yang dihasilkan sangat baik, maka isi web tersebut akan diacu oleh web lain sehingga menghasilkan backlink yang menjadi ukuran impact. Keterbukaan yang bertanggung jawab juga menjadi penting untuk dibuka dan sebagai kontribusi Tel-U pada dunia.

 

Referensi: http://webometrics.info/en/Methodology

Leave a Reply